Custom Search
Posted by : cahpurworejo asli 31 Juli 2009

Salah satu pantai andalan Purworejo selain Ketawang adalah pantai Jatimalang, pantai ini letaknya relatif lebih dekat dengan pusat kota lebih kurang 20 km ke arah selatan pusat kota Purworejo tepatnya berada di ujung selatan kecamatan Purwodadi (berbatasan dengan Australia...masih jauh!!!).


Gambar Aula dan TPI di Pantai Jatimalang
Meskipun akses menuju pantai ini lebih mudah dibandingkan dengan ke pantai Ketawang namun saat liburan, misalnya lebaran, pengunjung tetap lebih banyak ke pantai Ketawang, mungkin karena pantai Ketawang lebih dikenal masyarakat Purworejo dan sekitarnya.

Pantai Jatimalang sebelumnya adalah pantai tempat berkumpulnya nelayan untuk berlayar dan berlabuh, artinya tempat ini adalah tempat untuk menjual ikan hasil tangkapan. Seiring dengan kebutuhan hiburan yang semakin meningkat maka pemda menata tempat ini agar tak hanya sebagai TPI (Tempat pelelangan Ikan) saja, melainkan sebagai tempat hiburan dan wisata.
Saat ini pantai Jatimalang sudah disertai tempat semacam cafe berkaraoke untuk sekedar berbincang-bincang dan makan, ada juga menara pandang untuk melihat keindahan hamparan pantai.
Beberapa gasebo didirikan di tepi pantai sehingga banyak muda-mudi memanfaatkan tempat ini untuk memadu kasih, tak ayal lagi para pembeli ikan walaupun tempatnya agak berjauhan dapat mengintip aktifitas anak muda di tempat yang eksotik ini.
Untuk sekedar bercengkerama sekeluarga, di tempat ini juga tersedia aula terbuka yang lumayan luas.

Jadi, selain untuk berbelanja ikan murah, pantai Jatimalang merupakan alternatif tempat wisata murah meriah untuk warga sekitar Purworejo.

{ 13 komentar... read them below or Comment }

  1. iyah ya mas, saya sering tuh kessana

    BalasHapus
  2. wah, mau nih kalau diajak makan ikan bakar....

    BalasHapus
  3. enak kali ya liburan kesini....

    BalasHapus
  4. yang jelas dekat n murah mas nur...

    BalasHapus
  5. Wah Purworejo,.... banyak wisatanya, tp knapa kotanya seolah-olah gak berkembang ya dari taun ke taun.

    BalasHapus
  6. @do blogger benar sob, Purworejo ibarat sebuah bahan baku yang tak ada pengolahnya sehingga tak menjadi bahan jadi

    BalasHapus
  7. klo gak salah ada juga pantai glagah, apa itu juga masih di purworejo

    BalasHapus
  8. Nah Ku jadi punya ide nih gi mana klo area pantai jatimalang di jadikan tempat mangkalnya para neeter, facebooker, & blogger DLL. Nantinya di situ akan di lakukan sedikit penataan , emhh pertama dengan menempatkan beberapa meja payung outdoor bekapasitas 5 orang/meja , trus di hiyasi jaring2 lampu kelap-kelip di atas area payung tsb, kemudian fasilitas Wifi ( Hot Spot ) + colokan charger/meja. dan di situ juga tersedia beraneka macam makanan seafood & bebaqaran yang pastinya harus murah dan terjangkau di kalangan anak muda dong + beberapa softdrink,. oh ya satu lagi nantinya di setiap akhir pekan di situ akan ada live music .. yang main siapa ? ya anak2 band berbakat dari purworejo dong dan yang mau nunjukin kebolehan secara gratis biar di kenal orang bandnya / pokoke siapa ajalah yg penting ga malu + ga malu-maluin. doainya biar ide daku cepat terwujud.. coment please

    BalasHapus
  9. @anox: ide bagus sob, segera direalisasikan, mungkin langkah pertama yaitu koordinasi dari para blogger dari purworejo,setelah berkumpul pastinya akan ada ide-ide yang cemerlang

    BalasHapus
  10. sebagai anak purworejo aku ikut absen ya kang,.....

    BalasHapus
  11. yoi so pasti gua udah prnh ke sana enak :D

    BalasHapus
  12. Waah... ternyata banyak gazebo buat maksiat neh... Asyik neh... Bisa buat esek-esek..... Mohon infonya... Dipantai Jatimalang gak ada garukan satpol PP kan..?

    BalasHapus

Copyright © 2013 Purworejo | Designed by Johanes Djogan | Support by Yoyok Rohani