Custom Search
Posted by : cahpurworejo asli 04 April 2009

Dari cerita teman-teman yang kuliah di Purworejo menyebutkan bahwa di kampusnya lebih banyak orang yang kuliah berasal dari luar Purworejo dibandingkan dengan orang pribumi. Sebut saja di Universitas Muhammadiyah Purworejo, kebanyakan mahasiswanya berasal dari Kebumen dan Wonosobo. Kesimpulannya orang Purworejo lebih enggan untuk kuliah di kotanya sendiri, padahal rata-rata biaya pendidikan perguruan tinggi di Purworejo relatif lebih murah, apalagi untuk penduduk asli yang menetap di Purworejo pasti biaya untuk hidup jauh lebih murah daripada harus kost di luar kota.
Ada beberapa anggapan yang menyebabkan masyarakat Purworejo enggan kuliah di kotanya sendiri:
  • Kuliah di Purworejo itu kurang bermutu,
  • Takut kesulitan mencari lapangan pekerjaan,
  • Alasan gengsi jika kuliah di Purworejo terkesan orang dengan ekonomi pas-pasan,
  • Kurangnya sosialisasi dari pihak PT sendiri kepada masyarakat Purworejo.
Anggapan di atas tentu tak 100% kebenarannya, faktanya banyak sarjana lulusan PT di Purworejo yang telah bekerja di perusahaan swasta nasional bonafid dan instansi pemerintah,dan beberapa ada yang menjadi pengusaha sukses.
Bahkan salah satu PT di Purworejo sebut saja Akper Purworejo dapat memberikan pekerjaan seusai wisuda yaitu dengan bekerja sebagai karyawan honorer di RSUD Purworejo, dan setelah beberapa waktu sesuai prestasi dapat diajukan sebagai pegawai negeri sipil. Begitu juga dengan BSI, setiap periode tertentu mengadakan acara yang mempertemukan antara perusahaan penyedia lapangan kerja dengan mahasiswanya sehingga banyak yang bekerja melalui acara perekrutan ini.
Memang, kuliah di perguruan tinggi negeri dan bonafid adalah sebuah prestise tersendiri dan ini sudah menjadi imej di masyarakat, bahkan para pengusaha dan pemerintah sendiri dalam mencari karyawan masih terkesan pilih kasih, artinya lulusan dari PT bonafid akan diprioritaskan daripada lulusan PT biasa, walaupun kemampuannya sama.
Dengan adanya program otonomi bagi PT maka semakin memperburuk citra pendidikan di negeri ini saja, pendidikan terkesan sangat mahal padahal kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal di kelas dunia. PT dengan bebas menentukan biaya pendidikan, bahkan sampai bilangan yang tak masuk akal, bayangkan, untuk bisa masuk UGM jurusan kedokteran yang notabene adalah PTN harus mengeluarkan uang pembangunan sampai 100 juta rupiah!
Coba bandingkan dengan kuliah di Purworejo, perbedaan biayanya tentu sangat fantastik!
Dari beberapa informasi bahwa dosen-dosen senior PT ternama, misalnya UGM dan UNDIP yang berasal dari Purworejo ikut mengajar di PT yang berada di Purworejo, mereka mengajar didasari atas kecintaan dan kebanggaanya terhadap tanah kelahiran, beberapa dari mereka bahkan tak mau menerima honor. Jadi, kenapa harus ragu untuk kuliah di Purworejo saja?
Beberapa Perguruan Tinggi yang berada di Purworejo:
  • Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KHA Dahlan No.3 Purworejo
  • AMIK BSI Purworejo, Jl. Tentara Pelajar No. 158 Banyuurip
  • Politeknik Sawunggalih Aji, Jl. Wismoaji No. 8, Kutoarjo
  • Politeknik Megatek, Jl. Jend. Sudirman No. 49
  • STIE Rajawali, Jl. Gajah Mada Km.7 Bayan
  • Akademi Keperawatan PEMKAB, Jl. Urip Sumohardjo No. 62
  • Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa, Pangen Purworejo
  • STAI NU, utara GOR Purworejo
  • STAI AN-NAWAWI, Berjan Purworejo
  • STAI SA, Bulus Purworejo

{ 32 komentar... read them below or Comment }

  1. S2 di purworejo ada gak mas? (aji brebes)

    BalasHapus
  2. s2 d pwrjo setahu saya blm ada mas... kalau mau kuliah, y bsi aja...

    BalasHapus
  3. kalau ingin masa depan sukses joint with us, Akbid Purworejo, militan,cerdas, dan profesional

    BalasHapus
  4. He temen2 cepat daftarkan dirimu di akbid purworejo enak lo, nanti jadi temenku. eh dosennya dokter ganteng2, fasilitas oke

    BalasHapus
  5. by : DIAN (DWI.M)
    buat adik adik yang minat kuliah di kesehatan kenapa gak kuliah di AKBID ajah???? di purworejo dah ada AKBID lohhhhh....
    daripada jau-jauh keluar keluar kota, percaya deh dosenya nya berkualitas og pinter2 lg, dokternya juga ganteng-ganteng, cantik-cantikk....., yuk gabung ma aku di AKBID PURWOREJO...

    BalasHapus
  6. Kuliah STIE RAJAWALI aja..murah meriah bro...MAU

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip...
      datang dan buktikan...

      Hapus
  7. sip, yang penting tetap kuliah di Purworejo

    BalasHapus
  8. akper pemkab pwr josss tenan

    BalasHapus
  9. Nek jamanku enom biyen, universitas yang ada hanya Ikip Muhammadiyah, itupun baru. Sekarang saya lihat sudah ada beberapa... baguslah, teruskan nak!

    BalasHapus
  10. Kalau ingin melihat kualitas dosen2 dari PT (kualitas tingkat pendidikan dan jabatan akademik, bukan tampang) silahkan lihat di www.evaluasi.or.id disitu ada data dosen seluruh PT se-indonesia (resmi dari dikti), silahkan anda lihat dan anda tentukan sendiri PT mana yg terbaik di purworejo.
    Top Web Perguruan tinggi se-indonesia 2010 www.4icu.org/id/ salah satunya PT di purworejo di peringkat 101.
    PT tersebut juga telah masuk di Catalogue of World Universities www.webometrics.info

    BalasHapus
  11. saya orang purworejo juga....smoga perguruan tinggi di purworejo ada penambahan jurusan,sehingga para putra/i purworejo tak harus jauh2 ke jogja atau keluar kota lainnya

    BalasHapus
  12. pengen nya kuliah di akper purworejo...tp gak ada biaya...kira2 ad beasiswa tidak mampu g ya???

    BalasHapus
  13. Di AKBID purworejo tiap semester ada beasiswa lho...yuk gabung ke AKBID purworejo...ca yo...

    BalasHapus
  14. di purworejo ada jurusan teknik informatika ga ?
    mohon jawabannya ya . .
    :)

    BalasHapus
  15. di akper purworejo ad kok bea siswa..aq aj dpt pe 4 juta...kuliah dsana ae

    BalasHapus
  16. hhihiiii maaf ya pak, saya ketawa baca artikel ini... saya ini dosen di slh satu institusi setingkat universitas di purworejo.. dan saya sama seklai tidak setuju dgn artikel ini.. okelah kalo yg otaknya pas pasan silakan tetep stay disana.. tapi kalo yg berkualitas jgn kuliah di sana deh... eman2...
    yah inilah potret suram pendidikan di indonesia, pendidikan dijadikan ladang bisnis yang menggiurkan, tnpa memikirkan bagaimana masa depan siswa.. menggaung2kan kampusnya berkualitas, padahal semua penuh kepalsuan... pasti ada yg kontra dgn tulisan saya ini.. tapi sungguh, saya hanya ingin memberikan pendapat objektif tanpa pamrih apapun... jangan bodoh sehingga sampai berfikir karna cinta purworejo lalu ga mau ke kota lain yg sudah hampir PASTI lebih baik kualitas pembelajarannya. Hidup ini keras Bung!!!!Penuh kompetisi, apalagi Indonesia.... Don't be a silly...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuliah dimana bukanlah faktor tunggal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang...

      Hapus
    2. walaupun qta kuliah tyus pintar ,,,,law qta ga beruntung ... ga da gunannya ,,,,,,kuliah dimanapun sama ,,,, tergantung niat dan semangatnya ,.,.,yg penting jgan meluoakn Tuhan dlm setisp apa yg qta perbuatt ,,,, TUhanlah yg memberi kesuksesann dan keberhasilan

      Hapus
    3. setuju, tp nek dadi wong yo ngekei konstribusi kanggo porjo, kui sek wajib
      ojo lali seko endi awakmu

      Hapus
  17. kalo lowongan dosen ekonomi ada gak ya....pengen balik kampung halaman sekaligus aplikasi ilmu yang dah didapet...

    BalasHapus
  18. Nuwun sewu mas/mbak, sekedar meluruskan info yang tertulis, supaya tidak menyesatkan. Fakultas kedokteran UGM tidak membebani biaya sebesar 100 juta untuk mahasiswa yang ingin masuk. Untuk Jalur yang ujian seperti yang dulu kita kenal dengan UM-UGM atau SNMPTN besaran uang gedungnya masih wajar dan mungkin sangat murah untuk ukuran fakutas kedokteran. Jika tahun 2012 ini belum berubah masih 10 atau 15 juta. Bagi mahasiswa yang benar-benar tidak mampu tetapi memang mampu secara akademis untuk masuk ke fakultas tersebut, setahu saya bahkan bisa tidak dibebani biaya apa-apa. Beasiswa juga banyak tersedia. Mulai yang diberikan oleh pemerintah, BUMN, foundation, perusahaan swasta dsb. Tidak perlu khawatir kekurangan beasiswa.

    Saya hanya merasa perlu meluruskan jika ada info-info seperti ini. Kasihan jika ada yang berminat masuk ke PT tertentu tapi mundur sebelum perang disebabkan faktor biaya dan karena info yang mereka terima hanya 'katanya'.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang gedung atau SPMA 100 juta hanya dibebankan kepada pendaftar yang melalui jalur khusus yang dulu disebut PBS (sekarang nama jalurnya mungkin sudah berubah). Jalur itu hanya bagi mereka yang merasa mampu secara akademis, memenuhi persyaratan, mampu secara finansial, dan menghendaki untuk masuk melalui jalur itu. Jadi tidak semua mahasiswa masuk melalui jalur PBS itu dan harus membayar 100 juta. Jalur ini setau saya memiliki tujuan subsidi silang, tidak semata-mata cash cow. Dana yang di dapat dari sini sebagian digunakan untuk mengcover biaya pendidikan mereka yang kurang mampu di UGM.

      Hapus
    2. setuju,kuliah di mana pun asal kreatif dan mau usaha insyaalah sukses.Saya lihat ada org kuliah di PT yg mengeluarkan nilai asal saja ternyata bisa sukses hidupnya.Kesuksesan tidak bergantung pada kecerdasan saja.

      Hapus
    3. Saya pernah dengar teman yg bisa mengganti nilai mata kuliah dan bahkan setiap akan yudisium dia membayar dengan sejumlah uang dan lulus ,ternyata dia sekarang sukses.Bergantung pada kemauan dia setelah lulus dan bekerja.

      Hapus
  19. KULIAHH DIMANA AJA SAMA ,,,,, LAW QTA rajin dan semangat //./..utkk blajar ..,.bangsa qta akan maju ,..,.,,.., dah qta sebagai orang yg berpenddiidikann ,,,,,, harus bisa menjadii contohh yg bakk ,,, buatt genrasii penerus qta ,..,,.,dann jauhii hal2 yg hanya sia sia .. semata ,,,,,,yg bisa membuat qta menyesal dikemudian hariii////

    BalasHapus
  20. Yang tau info kost deket kampus BSI Purworejo kabarin ya!makasih :)

    BalasHapus
  21. KULIAH NENG PURWOREJO ORA GAUL! KAMPUNGAN! NDESO!.

    dari podo kuliah neng purworejo, MENDING MACUL nengumah.

    BalasHapus
  22. yo piye neh, nek wes entuk kuliah sek luweh apik kualitase neng luar porjo sebut ae jogja yo mosok rak di jupuk
    rodo larang sitik lak yo ra popo tp entuk sek luweh apik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kuliah di ikip muhmammadiyah purworejo sampai S1, menghabiskan biaya berapa siee, tlong coment

      Hapus

Copyright © 2013 Purworejo | Designed by Johanes Djogan | Support by Yoyok Rohani